Apa saja Tips untuk Mengikuti Lelang Online?

Dewasa ini, kehidupan manusia tentu tak jauh dari kebutuhan memang semakin meningkat. Mulai dari yang bersifat primer hingga sekunder, serta bisa didapatkan dengan berbagai macam cara mendapatkan barang, contoh saja seperti lelang online.

Tips dan Trik Aman Mengikuti Lelang Online

Di era digital ini pula hampir semua orang menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah setiap aktivitas masyarakat, baik individu ataupun kelompok orang. Begitu juga lelang online yang transaksinya dilakukan melalui jaringan internet. Berikut tips dan trik mengikutinya:

1.     Pilih Tempat Lelang yang Resmi

Pertama, orang yang akan mengikuti lelang online harus mendaftar terlebih dahulu pada laman yang tersedia. Pastikan badan atau balai yang memprakarsai adanya kegiatan tersebut terpercaya dengan cara mengunjungi langsung website resminya.

Bukan hanya itu, jangan mudah percaya akan akun lelang online yang beredar banyak di sosial media misal Facebook, Instagram, atau lembaga mengatasnamakan tempat lelang. Bisa jadi produk yang ditawarkan program palsu, maka pastikan akun medianya benar-benar asli.

2.     Jangan Terlalu Berharap Tinggi

Kedua, jangan berharap terlalu tinggi bahwa akan mendapatkan barang lelang dengan harga murah. Karena hal tersebut tidak akan mungkin terjadi, apalagi harganya jauh dibawah pasaran pada umumnya.

Memasang target memanglah boleh, namun juga harus diimbangi dengan usaha untuk mendapatkan barang lelang tersebut. Terlebih hal ini Anda lakukan secara online, tentu banyak sekali kemungkinan yang akanl terjadi.

3.     Tidak Menyetorkan Uang ke Pihak Tertentu

Selanjutnya, jangan tergiur untuk mengirimkan sejumlah uang pada pihak tertentu dengan iming-iming akan mendapatkan barang lelang tersebut. Pastikan dulu kebenarannya, jika tidak maka Anda akan menjadi korban dari aksi penipuan oleh orang yang mengatasnamakan kegiatan bersangkutan.

Selain itu, meskipun harga barang yang diajukan beragam, jangan sekali-kali mudah tergoda meskipun yang ditawarkan setengah lebih murah dari yang diberikan. Sebagai antisipasi, cek dulu kebenarannya dengan mengunjungi langsung alamat website resmi terkait.

4.     Tentukan Batas Harga yang Disediakan

Sebelum Anda menyetujui untuk mengikuti lelang, pastikan dulu batas biaya atau budget yang siap dibayarkan jika bisa memenangkannya. Karena semangat yang tinggi jangan sampai lupa besaran harga yang harus disediakan.

Bila tidak bisa melunasi biaya yang harus dikeluarkan, tentu Anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan barang yang diincar. Bahkan, pada balai lelang resmi ada satu kebijakan. Jika tidak melunasi barang yang dimenangkan, maka uang yang telah disetorkan tidak bisa dikembalikan.

5.     Cek Harga Barang di Pasaran

Setelah menetapkan batas budget yang disediakan, kemudian tentukan objek apa yang akan diincar pada kegiatan lelang online. Jika barang tersebut adalah mobil, maka lihat dahulu harga pasarannya. Agar Anda bisa mengetahui kapan harus menawar dan berhenti saat proses berlangsung.

Melakukan survei harga terlebih dahulu juga sangat membantu, agar bisa mendapatkan barang incaran dalam acara lelang yang akan diikuti. Jangan sampai barang yang dipilih tidak sesuai dengan budget yang Anda siapkan. Harga yang murah bukan jaminan untuk bisa memenangkan tawaran.

6.     Awas Penipuan

Akhir-akhir ini banyak media yang menawarkan kegiatan lelang online. Sebagai masyarakat, tentunya harus cerdik dalam memilih dan memilah balai lelang yang akan diikuti. Jangan hanya karena ada pihak yang menjamin memenangkannya, Anda menjadi tergoda akan hal tersebut.

Bila tidak, kelengahan serta kelalaian peserta lelang online akan dimanfaatkan oleh oknum yang bermaksud ingin menipu dengan manipulasi datanya. Hal yang demikian tentu saja sangat merugikan pihak yang bersangkutan

Demikian tips agar bisa mengikuti kegiatan lelang online secara aman. Dalam bertransaksi memang diperlukan pengetahuan yang luas dan keberanian dalam mengambil keputusan yang tepat. Agar tidak mudah terpengaruh oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Posting Komentar

0 Komentar